RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar
2.1 memahami konsep fungsi
Indikator
1. Memahami pengertian fungsi
2. Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami pengertian fungsi
2. Siswa dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
II. Materi Ajar
1. relasi dan fungsi
Definisi I
Pasangan bilangan (x,y) dengan x sebagai urutan pertama dan y sebagai urutan kedua
Definisi II
Jika A dan B adalah dua himpunan yang tidak kosong,maka produk kartesius himpunan A dan B adalah himpunan semua pasangan terurut (x,y) dengan x A dan y B ditulis
Definisi III
Misalkan dan merupakan produk cartesius himpunan dan , maka relasi dari ke adalah sembarang himpunan bagian dari produk cartesius
Himpunan-himpunan , , dan diatas merupakan himpunan bagian dari produk kartesius yang dikenal sebagai atau dari himpunan ke .
Dari uraian di atas, pada relasi = diperoleh hasil :
a. Himpunan ordinat pertama (absis) dari pasangan terurut disebut relasi
b. Himpunan disebut relasi
c. Himpunan bagian dari dengan dan disebut relasi
Definisi VI
Relasi dari himpunan ke disebut fungsi atau pemetaaan, jika setiap unsur (anggota) dalam himpunan berpasangan tepat hanya dengan sebuah unsur (anggota) dalam himpunan
Dari definisi tersebut, suatu relasi merupakan fungsi jika dalam relasi itu tidak ada pasangan terurut yang memiliki absis sama. Misalkan adalah suatu fungsi atau pemetaan dari himpunan ke himpunan , maka fungsi dapat dilambangkan dengan
Misalkan sehingga , maka merupakan atau dari oleh fungsi . Peta atau bayangan tersebut dapat dinyatakan dengan seperti terlihat pada gambar 2.3 di atas. Dengan demikian, suatu fingsi dapat ditulis sebagai
Misalkan, , maka
a. daerah asal (domain) fungsi adalah himpunan dan dilambangkan dengan .
b. Daerah kawan (kodomain) fungsi adalah himpunan dan dlambangkan dengan dan
c. Daerah hasil (range) fungsi adalah himpunan dari semua peta di dan dilambangkan dengan
2. berbagai jenis fungsi
a. fungsi aljabar sederhana
1. fungsi konstan
Definisi
Fungsi merupakan fungsi konstan jika untuk setiap bilangan real dan suatu konstanta, berlaku .
2. fungsi identitas
Definisi
Fungsi merupakan fungsi identitas jika untuk setiap berlaku . Fungsi dinotasikan dengan I.
3. fungsi linear
Definisi
Fungsi merupakan fungsi linear jika untuk setiap berlaku dengan dan
b. fungsi kuadrat
misalkan adalah himpunan bilangan real. Suatu fungsi dengan merupakan fungsi kuadrat jika ditentukan oleh dengan dan . Grafik fungsi kuadrat berbentuk parabola.
I. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
II. Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
III. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)
|
15 menit
|
IV. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||||||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
| |||||
1. Memahami pengertian fungsi
2. Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
Tes tertulis
|
Uraian singkat
|
Perhatikan diagram berikut.
(a)
(b)
Diagram manakah yang mendefinisikan fungsi? Jelaskan.
2. Berikan sebuah contoh dari masing - masing jenis fungsi.
|
VI. Pedoman Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi :
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar :
2.2 . Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Indikator :
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
II. Materi Ajar
1. menggambarkan grafik fungsi aljabar sederhana
a. fungsi konstan
fungsi konstan , apabila digambarkan pada bidang cartesius, grafik fungsi merupakan garis lurus yang sejajar dengan sumbu X dan memotong sumbu Y dititik . Persamaan garis lurus tersebut adalah .
b. fungsi identitas
misalkan meruapakan suatu fungsi dengan untuk setiap .
1. Tentukan dan dengan ,
2. Tentukan dearah hasil fungsi tersebut.
3. Lukiskan grafik fungsi tersebut pada bidang cartesius.
Jawab
1. Diketahui bahwa untuk setiap , yang berarti merupakan fungsi identitas. Berdasarkan definisi fungsi identitas. Berdasarkan definisi fungsi identitas, yaitu maka
2. Karena yang berarti untuk setiap anggota daerah asal fungsi dipetakan dengan dirinya, maka daerah hasil fungsi adalah .
3. Gambar diatas menunjukan grafik fungsi yang berupa garis lurus dengan persamaan
c. fungsi linear
Lukislah grafik fungsi yang ditentukan oleh .
Fungsi . Merupakan fungsi linear sehingga grafiknya merupakan garis lurus dengan persamaan . Untuk melukiskan grafik fungsi tersebut, kita dapat menggunakan langkah-langkah berikut :
1. pilihlah beberapa nilai x yang merupakan bilangan bulat .
2. tentukan nilai fungsi untuk setiap nilai x yang dipilih. Perhatiakn table berikut :
Dari tabel tersebut diperoleh beberapa pasangan terurut , pasangan-pasangan terurut tersebut kita gambar pada bidang cartesius sebagai titik-titik. Karena , grafik fungsi linear diperoleh dengan menghubungkan titik-titik tersebut dengan suatu garis lurus sehingga diperoleh persamaan grafiknya sebagai seperti ditunjukan oleh gambar berikut :
2. menggambar grafik fungsi kuadrat
Untuk membuat sketsa grafik fungsi kuadrat secara umum dapat ditempuh langkah-langkah berikut :
A. titik potong grafik dengan sumbu koordinat
1. titik potong dengan sumbu
Titik potong dengan sumbu diperoleh jika . Dengan demikian, didapatkan . Absis titik potong dengan sumbu , diperoleh dari akar-akar persamaan kuadrat tersebut. Banyaknya titik potong dengan sumbu tergantung pada nilai diskriminannya yaitu .
a. jika , maka grafik memotong sumbu di dua titik yang berbeda.
b. jika , maka grafik menyinggung sumbu .
c. jika , maka grafik tidak memotong atau menyinggung sumbu .
2. titik potong dengan sumbu
Titik potong dengan sumbu diperoleh jika , dengan demikian, didaptkan . Jadi, titik potong grafik dengan sumbu adalah dan posisi titik potongnya dengan sumbu secara otomatis bergantumg kepada nilai .
a. jika , maka grafik memotong sumbu positif.
b. jika , maka grafik melalui titik pusat
c. jika , maka grafik memotong sumbu negatif.
B. sumbu simetri
Sumbu simetri dari parabola adalah
C. nilai maksimum atau minimum fungsi
Fungsi mempunyai nilai minimum jika dan mempunyai nilai maksimum jika . Nilai maksimum atau nminimum ditentukan oleh rumus
D. koordinat titik puncak
Koordinat titik puncak parabola yang ditentukan oleh fungsi .
A. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
B. Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)
|
15 menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
| |
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
|
Tes individu
|
Tes uraian
|
Gambarkan grafik fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
a.
b.
c.
|
VI. Pedoman Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi :
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar :
2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Indikator :
Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
Tujuan Pembelajaran :
Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
II. Materi Ajar
1. persamaan kuadrat
A. bentuk umum persamaan kuadrat
Definisi
Bentuk umum persamaan kuadrat dalam variable dapat dinyatakan dengan
Dengan dan dan , disebut koefisien , b koefisien , dan disebut konstanta
B. menyelesaikan persamaan kuadrat
1. menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara memfaktorkan
a. memfaktorkan bentuk dengan
untuk memfaktorkan bentuk , diperlukan nilai dan yang memenuhi dan . Secara umum dapat ditulis sebagai berikut
Dengan dan
b. menggunakan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan
untuk memfaktorkan bentuk . Diperlukan nilai dan yang memenuhi dan . Secara umum dapat dituliskan sebagai berikut
Dengan dan
2. menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat
Penyelesaian dengan melengkapkan bentuk kuadrat dilakukan dengan cara mengubah bentuk ke bentuk . Hal yang mendasari peggunaan cara ini adalah dengan mengubah ruas kiri persamaan , , menjadi bentuk kuadrat sempurna
Contoh :
Dengan melengkapkan kuadrat, tentukan penyelesaian dari persamaan
Jawab :
Mul-mula pindahkan konstanta ke ruas kanan, sehingga , kemudian kedua ruas dengan , sehingga diperoleh :
3. menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadrat
Jika Jika x_1 dan x_2 adalah akar-akar persamaan kuadrat ax^2+bx+c=0 dengan a≠0. Maka nilai x_1dan x_2 dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut :
x_1,2=(-b±√(b^2-4ac))/2a
A. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
B. Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)
|
15 menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
| |
- Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian
singkat.
|
- Dengan menggunakan rumus abc, tentukan akar-akar persamaan kuadrat berikut:
a.
b. x^2-(p-2)x-3=0
|
VI. Pedoman Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) = (Jumlah skor perolehan)/(jumlah skor maksimum)×100
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi :
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar :
2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Indikator :
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
II. Materi Ajar
1. pertidaksamaan kuadrat
A. pengertian pertidaksamaan kuadrat
Definisi
Pertidaksamaan kuadrat didefinisikan sebagai pertidaksamaan memuat variable dengan pengkat tertinggi 2 (dua). Bentuk umum pertidaksamaan kuadrat adalah sebagai berikut
〖ax〗^2+bx+c<0
〖ax〗^2+bx+c>0
〖ax〗^2+bx+c≤0
〖ax〗^2+bx+c≥0
Dengan a,b dan c∈R dan a≠0
B. menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat
Untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dapat digunakan langkah-langkah:
1. ubah pertidaksamaan kuadrat ke dalam bentuk baku atau bentuk persamaan kuadrat yang berpadanan yaitu dengan mengubah ruas kanan menjadi sama dengan nol
2. tentukan nilai pembuat nol atau akar-akar persamaan kuadrat yang bersesuaian sebagai batas-batas penyelesaian.
3. lukiskan nilai pembuat nol yang diperoleh pada garis bilangan
4. subsitusikan sembarang bilangan pada pertidaksamaan untuk menentukan tanda interval pada masing-masing bagian interval pada garis bilangan
5. interval yang memiliki tanda yang sesuai dengan tanda pertidaksamaan merupakan himpunan penyelesaian yang dicari.
A. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
B. Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)
|
15 menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
| |
- Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
|
Kuis.
|
Uraian obyektif.
|
- Tentukan penyelesaian pertidaksamaan berikut.
a. 3x^2<x^2-11x-5
b. -x^2+2x-6>0
c.
|
VI. Pedoman Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) = (Jumlah skor perolehan)/(jumlah skor maksimum)×100
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi :
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar :
2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Indikator :
Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
II. Materi Ajar
Diskriminan
Diskriminan dilambangkan dengan D , dengan D=b^2-4ac , Berdasarkan
nilai diskriminannya, jenis-jenis akar persamaan kuadrat dapat dibedakan
menjadi 3 yaitu :
a. Jika nilai D > 0 , maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar nyata (real) yang berlainan.
1. Untuk nilai D=b^2-4ac berbentuk
kuadrat sempurna D = k^2 dengan k eleman 1. rasional rasional) maka kedua akar
persamaan kuadrat tersebut adalah rasional
2. Untuk nilai D=b^2-4ac bukan merupakan kuadrat sempurna, maka kedua akar persamaan tersebut adalah irassional
b. Jika nilai D = 0 , maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar nyata (real) yang sama
c. Jika nilai D < 0 , maka persamaan kuadrat tidak mempunyai akar nyata (real) atau akar-akarnya merupakan bilangan imajiner.
A. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
B. Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)
|
15 menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
| |
- Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Persamaan
mempunyai
dua akar tidak nyata, maka nilai m adalah......
|
VI Pedoman Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) = (Jumlah skor perolehan)/(jumlah skor maksimum)×100
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi :
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar :
2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Indikator :
a. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
b. Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.
Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
b. Siswa dapat menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.
II. Materi Ajar
a. rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
Jika dan adalah akar-akar persamaan kuadrat , maka diperoleh rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya sebagai berikut :
x_1+x_2=(-b)/a
x_1.x_2=c/a
b. Hubungan koefisien akar dan sifat akar :
1. kedua akarnya berlawanan yaitu : x_1=〖-x〗_2 maka b = 0
2. kedua akarnya berkebalikan yaitu : x_1= 1/x_2 maka a = c
3. salah satu akarnya nol yaitu x_1=0, maka c=0 dan x_2=-b/a,
4. kedua akarnya sama yaitu : x_1=x_2 ,maka x_1=x_2=b/2a
A. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
B. Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)
|
15 menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
| |
- Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
Kuis.
|
Uraian obyektif.
|
- Jika p dan q adalah akar - akar x^2-bx+6=0
persamaan kuadrat
a. p+q
b.pq
c.p^2 q+pq^2
d.p^2+q^2
|
- Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berikut.
a. 5x^2-x+15=0
b. x^2-x+7=0
|
VI. Pedoman Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) = (Jumlah skor perolehan)/(jumlah skor maksimum)×100
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar