RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
X / 1
Jumlah Pertemuan :
2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4x45 menit
A. Standar Kompetensi
3.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistim persamaan linear dan pertidaksamaan satu variable
B.
Kompetesi Dasar
3.5 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan
satu variable
3.6 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable dan
penafsirannya
C.
Indikator pencapaian kopetensi
1.
Mengidentifikasikan masalah yang
berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable serta membuat model
matematikanya
2.
Menyelesaikan model matematika dan
menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
satu variabel
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
siswa dapat mengidentifikasikan masalah
yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable serta membuat model
matematikanya
2.
Siswa dapat menyelesaikan model
matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan satu variabel
E. Alokasi waktu: 4x45
F.
Materi
Ajar
Jika dalam suatu masalah memuat kata-kata seperti
kurang dari, tidak lebih dari, atau tidak kurang dari, maka masalah tersebut
berkaitan dengan model matematikanya yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variable
Masalah tersebut
dipecahkan melalui langkah
1.
Tentukan besaran dalam masalah yang
dirancang sebagai variable pertidaksamaannya
2.
Rumusan pertidaksamaan yang merupakan
model matematika dari masalah
3.
Tentukan penyelesaian dari model
matematika
4.
Berikan tafsiran terhadap hasil yang
diperoleh
Merancang
model matematika yang berbentuk pertidaksamaan linear
Contoh
Jumlah
dua buah bilangan asli kurang dari 20. Jika bialngan pertama sama dengan 16.
Tentukan batas-batas bilangan yang kedua.
Jawab.
-
Bilangan pertama diketahui sama dengan
6, bilangan kedua dimisalkan sama dengan x
-
Berdasarkan ketentuan dalam soal,
diperoleh hubungan atau ekspresi matematika 6 + x < 20
-
Penyelesaian dari model matematika 6 + x
< 20 ditentukan sebagai berikut
6 + x < 20
x < 20-6
x < 14
-
Jadi ,bilangan kedua terletak dalam batas
x < 14
G.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Kegiatan
|
Aktifitas
guru
|
Aktifitas
siswa
|
Waktu
|
Karakter
yang di harapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan
inti
Penutup
|
-Guru
mengucapkan salam dan meminta siswa berdo’a
-Guru
mengabsen siswa
Apersepsi
- Membahas
PR
- Guru
mengkaitkan materi dengan materi sebelumnya
Motivasi
- Guru
menjelaskan kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari hari
- Guru
memberikan gambaran tentang materi yang dipelajari
Introduksi
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan
Eksplorasi
-guru
memberikan materi secara garis besar yang berhubungan dengan pengidentifikasian masalah yang berhubungan
dengan pertidaksamaan satu variabel,pembuatan model matematikanya,
-guru memberikan tugas kepada
siswa mencari materi dari buku paket
atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
pengidentifikasian masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel, pembuatan model matematikanya.
Elabolarasi
- Guru membagi siswa dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing - masing kelompok terdiri dari 3-5
orang
- Dalam kelompok, masing - masing
siswa berdiskusi mengenai: Pengidentifikasian
masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable, mata pelajaran
lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel, yang dirancang sebagai variabel pertidaksamaan satu variabelnya,
Perumusan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
pertidaksamaan satu variable,
-
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi
- guru minta siswa
mempresentasikan mengenai pengidentifikasian masalah yang berhubungan dengan
pertidaksamaan satu variabel, pembuatan model matematikanya, penyelesaian
modelnya, dan penafsiran hasil penyelesaian masalah tersebut.
- Siswa
dan guru secara bersama-sama membahas contoh 26 dalam buku paket pada hal.244
mengenai pengidentifikasian masalah
yang berhubungan dengan pertidaksamaan linear
- guru meminta untuk Setiap
kelompok mengerjakan beberapa soal pada buku paket latihan 11 sebagai
tugas kelompok.
-
guru mengingatkan siswa untuk mempelajari pertidaksamaan linear,
pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear
dan kuadrat), pertidaksamaan bentuk akar, pertidaksamaan bentuk nilai mutlak,
dan penerapan konsep pertidaksamaan satu variabel dalam menyelesaikan masalah
nyata untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya
Komfirmasi
- Guru
memberikan umpan balik tentang materi dan membahas materi yang belum dipahami
siswa
- Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum
dipahami
- Guru menyimpulkan materi bersama- sama
dengan siswa
- Guru
memberikan PR kepada siswa
- Membaca
doa dan memberi salam
|
- Siswa Menjawab salam dari guru dan membaca
doa
- Siswa Merespon absen guru
-
Siswa merespon dan mendengarkan
- Memperhatikan
-
Siswa memperhatikan
-
Siswa Mendiskusikan dan
mendengarkan
-
siswa
Memperhatikan,menanggapi
-
siswa menanggapi dan
mencari tugas
- Siswa
mendengarkan guru
- Siswa
berdiskusi dengan kelompok berdasarkan materi yang diberikan
-
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
mendengarkan, menanggapi
-
siswa
mempresentasikan materi tersebut, mendengarkan,
menanggapi
-
siswa dan guru membahas
secara bersama-sama contoh 26
-siswa
mengerjakan latihan mengenai model
matematika dari latihan 8 dalam buku paket
-
siswa menanggapi dan mendengarkan
- Mendengarkan
dan memperhatikan
- Siswa
mendengarkan
-siswa
menanggapi
- Guru
menyimpulkan materi bersama- sama dengan siswa
-
siswa mencatat PR
- Membaca
doa dan manjawab soal
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
- religius
-Disiplin
- Rasa
ingin tahu, kreatif.
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu, Mandiri, kreatif dan kerja keras
- Rasa
ingin tahu, Mandiri, kreatif dan kerja keras
- Rasa
ingin tahu, Kreatif ,kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, Kreatif ,kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu,
kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, Kerja keras dan mandiri
-
religius
|
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Aktifitas
Guru
|
Aktifitas
Siswa
|
Waktu
|
Karaker yang diharapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan
inti
Penutup
|
- Guru
mengucap salam dan menyuruh siswa membaca doa
- Mengabsen
siswa
Apersepsi
- Mengaitkan
pelajaran hari ini dengan pelajaran sebelumnya
- Guru
mengingatkan kembali materi minggu lalu
- Guru membahas PR yang sulit
Motivasi
- Menjelaskan kegunaan materi ini dengan kehidupan sehari
– hari
Introduksi
- Guru Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru Memberikan gambaran tentang materi yang
dipelajari
Eksplorasi
- guru meminta siswa
untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas
meja karena akan diadakan ulangan harian
Elaborasi
- Guru memberikan lembar soal ulangan harian
- Guru
mengingatkan siswa mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta
diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek
Konfirmasi
- Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai
- Menutup
pelajaran dan membaca doa dan memberi salam
- Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang logika matematika
|
- Menjawab
salam dari guru dan membaca doa
- Merespon
absen guru
- Memperhatikan
dan menaggapi
- Memperhatikan
dan mengingat materi sebelumnya
-siswa memperhatikan
- Memperhatikan
dan mendiskusikan
- Siswa
Memperhatikan dan mendengarkan
- Mendengarkan
-siswa menyiapkan kertas dan alat
tulis
- Mendengarkan
dan memperhatikan
- Siswa
menaggapi dan Mendengarkan
- Siswa
mengumpulkan kertas jawaban ulangan kepada guru
- Membaca
doa dan menjawab salam guru
- Siswa
mendengarkan dan menanggapi
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
- Religious
- Disiplin
dan peduli
- Rasa
ingin tahu dan disiplin
- Rasa
ingin tahu dan berfikir kritis
- Rasa
ingin tahu, kreatif, kerja keras dan mandiri.
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu,kreatif dan mandiri
- Rasa
ingin tahu, kreatif, mandiri, dan kerja keras
- Rasa
ingin tahu, kreatif, mandiri, dan kerja keras
- Rasa
ingin tahu, Kreatif , kerja keras dan mandiri
- Mandiri,
kreatif, madiri, dan kerja keras
- Rasa ingin tahu, Kreatif , kerja keras,
madiri
|
I.
Sumber
Pembelajaran
Buku Matematika untuk SMA kelas X
karangan Sartono Wirodikromo,
dan Buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih.
J.
Penilaian
Jenis : tugas individu, kelompok, kuis
Bentuk : tes tertulis, uraian, objektif
Contoh instrument
1.
Jumlah dari dua biangan ganjil
berurutan lebih dari 21. Tentukanlah
nilai dari bilangan yang terbesar
dari kedua bilangan tersebut
2.
Nilai
yang memenuhi pertidaksamaan
adalah.......
a.
b.
c.
atau
d.
atau
e.
atau
3.. Tentukan
himpunan penyelesaian dari
pertidaksamaan berikut:
a.
b.
c.
d.
e.
f.
Pedoman
Penilaian
Nilai =
Bukittinggi, Januari 2013
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar