RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas
/ semester : X / I
Jumlah
pertemuan : 2 X 45 menit (1
pertemuan)
I. Standar Kompetensi
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat
serta pertidaksamaan kuadrat.
II. Kompetensi Dasar
2.4
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat
III.
Indikator
·
Menyusun persamaan kuadrat yang akar –
akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke
bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
: Setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·
Menyusun persamaan kuadrat yang akar –
akarnya diketahui serta dapat menentukan penyelesaian persamaan yang dapat
dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat(NK: Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerjasama dan disiplin)
Afektif :
·
Kesungguhan peserta didik dalam
pembelajaran matematika
·
Kerjasama dalam kerja kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
V. Materi Ajar
Penyusunan
Persamaan Kuadrat yang Akar-Akarnya
Diketahui
·
Fakta
Jika akar – akar sebuah
persamaan kuadrat telah diketahui, persamaan kuadrat tersebut dapat disusun
dengan dua cara, yaitu:
a) Memakai
Faktor
Apabila suatu persamaan
kuadrat dapat difaktorkan menjadi (x – x1)(x – x2) = 0
maka x1 dan x2 merupakan akar – akar persamaan kuadrat
tersebut. Sebaliknya apabila x1 dan x2 merupakan
akar-akar suatu persamaan kuadrat, maka persamaan kuadrat itu dapat ditentukan
dengan rumus:
(x
– x1)(x – x2) = 0
b)
Memakai
Rumus Jumlah dan Hasil Kali Akar - Akar
Persamaan kuadrat x2+bx+c = 0
( ≠ 0) dapat dinyatakan dalam bentuk x2yaitu dengan membagi
kedua ruas persamaan semula dengan Dari rumus jumlah dan hasil kali akar – akar,
kita peroleh hubungan
x1 + x2
= = -(x1 + x2)
x1 . x2
= = x1 . x2
Jadi, persamaan x2 dapat dinyatakan dalam bentuk:
x2-
(x1 + x2)x
+( x1 . x2) = 0
Contoh:
Susunlah persamaan
kuadrat yang akar – akarnya diketahui sebagai berikut:
1)
2 dan 5
2)
-3 dan 1
Jawab:
·
Dengan memakai faktor : (x – x1)(x
– x2) = 0
1) x1
= 2 dan x2 = 5
(x – 2)(x – 5) = 0
x2- 7x +10 =
0
2) x1
= -3 dan x2 = 1
(x – (-3))(x – 1) = 0
(x + 3)(x - 1) = 0
x2+2x-3 = 0
·
Dengan memakai rumus jumlah dan hasil
kali akar – akar : x2- (x1 + x2)x
+( x1 . x2) = 0
1) x1
= 2 dan x2 = 5
(x1 + x2)
= 2+5 = 7 dan ( x1 . x2) = (2)(5) = 10
Jadi persamaan kuadrat yang diminta
adalah x2 - 7x + 10 = 0
2) x1
= -3 dan x2 = 1
(x1 + x2)
= -3+1 = -2 dan ( x1 . x2) =(-3)(1) = -3
Jadi persamaan kuadrat yang diminta adalah x2 – (-2)x
+ (-3) = 0 atau x2 +2x - 3 = 0
Penyelesaian persamaan lain yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
Jika
akar – akar suatu persamaan kuadrat mempunyai hubungan dengan akar – akar
persamaan kuadrat yang lain, maka persamaan kuadrat itu dapat ditentukan dengan
dua cara, yaitu:
1.
Memakai rumus jumlah dan hasil kali akar
– akar
2.
Penghapusan indeks, jika akar – akarnya
simetri
Contoh: Akar – akar
persamaan kuadrat 3x2 + 6x – 8 = 0 adalah α dan β susunlah persamaan
kuadrat yang akar – akarnya dan .
Jawab:
·
Dengan memakai rumus jumlah
dan hasil kali akar – akar: x2- (x1
+ x2)x +( x1 . x2) = 0.
Persamaan kuadrat yang diketahui 3x2 + 6x – 8
= 0 akar – akarnya α dan β, sehingga:
α
+ β = - = -2 dan α . β = -
Misalkan
persamaan kuadrat yang diminta mempunyai akar – akar x1
dan x2, maka
x1 = dan x2 =
x1
+ x2 = + x1 . x2 = .
x1
+ x2 = x1 . x2 =
x1
+ x2 = =
x1 . x2
= = -
Substitusi (x1 +
x2) = dan x1 . x2
= - persamaan x2- (x1
+ x2)x +( x1 . x2) = 0,
diperoleh:
x2- x - = 0, kedua ruas dikalikan 8
8x2-
6x
-3 = 0
Jadi persamaan kuadrat yang diminta adalah 8x2-
6x
-3 = 0.
·
Dengan penghapusan indeks:
Akar
x1=
dan x2 = dikatakan simetri, sebab jika indeks 1 dan 2
dihapuskan akan memberikan bentuk yang sama.
x1=
, jika indeks dihapus
didapat x = atau α
=
x2
=
, jika indeks dihapus
didapat x = , atau β
=
Dengan demikian α
= β = .
Oleh karena α
merupakan akar dari persamaan kuadrat 3x2
+ 6x – 8 = 0 maka berlaku
3α
2 + 6α – 8 = 0
3()2 + 6 () – 8 = 0, kedua ruas
dikalikan x2
3
+ 6x – 8x2 = 0
8x2
– 6x – 3 = 0
Jadi, persamaan kuadrat
yang diminta adalah 8x2 – 6x – 3 = 0
VI. Metode Pembelajaran
Model Cooperatif Learning
VII. Sumber Pembelajaran
Buku
matematika SMA kelas X semester 1 penerbit erlangga.
VIII. Langkah – langkah pembelajaran
Pertemuan
pertama
Waktu
: 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
·
Pendidik mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik. (NK: Religius)
·
Pendidik menyiapkan peserta didik secara
fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran.(NK: Peduli sosial)
·
Pendidik membuka pembelajaran dengan membaca
Basmalah dan membaca Al-Qur’an. (NK:
Religius)
·
Pendidik mengabsen peserta didik. (NK: Peduli sosial)
·
Pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran.(NK: Rasa ingin tahu)
·
Pendidik memberikan appersepsi dan motivasi kepada peserta
didik. (NK: Rasa ingin tahu)
·
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus berupa pemberian
materi tentang penyusunan persamaan kuadrat yang akar – akarnya
diketahui,serta penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.(NK:Rasa ingin tahu)
·
Pendidik membentuk peserta didik ke dalam
beberapa kelompok, dimana kelompok terdiri 4 – 5 orang yang sudah direncanakan.(NK: demokratis)
2. Elaborasi
·
Pendidik membagikan LKS sebagai bahan diskusi
kepada masing – masing kelompok.(NK:Disiplin)
·
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mendiskusikan materi dan soal soal yang ada di LKS.(demokratis)
·
Pendidik membimbing peserta didik yang
mengalami kesulitan.(NK: Peduli sosial)
·
Pendidik memberikan penjelasan kepada
kelompok setelah mengerjakan LKS maka peserta didik akan mempresentasikan
kerja kerja kelompok mereka di depan kelas.(Nk: demokratif, disiplin,kerjasama,menghargai prestasi,Tanya jawab)
3. Konfirmasi
·
Pendidik memantau dan membimbing
jalannya diskusi.(NK: Tanggung jawab)
·
Pendidik memberikan umpan balik /
mengkonfirmasi jawaban peserta didik.(NK:Menghargai
prestasi)
·
Pendidik memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi.(NK:Tanggung
jawab)
Penutup
·
Pendidik membimbing peserta didik membuat
rangkuman. (NK: Rasa
ingin tahu)
·
Pendidik memberikan kuiz.
(NK: Rasa ingin tahu)
·
Pendidik memberikan penghargaan kepada
kelompok yang terbaik. (NK:
Rasa ingin tahu)
·
Pendidik menutup pelajaran dengan Hamdalah.(NK: Religius)
|
· Peserta
didik menjawab salam dan menyapa pendidik kembali.( NK: Religius)
· Peserta
didik siap secara fisik dan psikis untuk menerima pelajaran. (NK: Menghargai)
· Peserta
didik membaca basmalah dan membaca Al-Qur’an. (NK: Religius)
· Peserta
didik mendengarkan absen yang dibacakan oleh pendidik. (NK: Menghargai)
· Peserta
didik mendengarkan tujuan pembelajaran. (NK: Rasa ingin tahu)
· Peserta
didik merespon terhadap appersepsi dan motivasi yang diberikan oleh peserta
didik. (NK: Rasa ingin tahu)
· Peserta
didik mendengarkan stimulus yang diberikan oleh pendidik tentang penyusunan
persamaan kuadrat yang akar – akarnya diketahui,serta penyelesaian persamaan
lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
(NK:
Rasa ingin tahu)
· Peserta
didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.(NK: Menghargai, tanggungjawab,demokratis,
dan disiplin)
· Peserta
didik menerima LKS yang dibagikan oleh pendidik sebagai bahan diskusi.(menghargai)
· Peserta
didik mendiskusikan materi dan soal – soal yang ada di LKS.(NK: Tanggungjawab dan disiplin)
· Peserta
didik yang mengalami kesulitan menerima bimbingan pendidik.(NK: menghargai)
· Peserta
didik mendengarkan penjelasan pendidik
dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok.(Nk: rasa ingin tahu,mandiri,kreatif, kerjasama dan disiplin)
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (NK: Tanggung jawab)
· Peserta
didik mempresentasikan jawaban yang telah didiskusikan dengan kelompok.(NK:Tanggung jawab,kerjasama,kreatif)
· Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi. (NK:Tanggung
jawab,dan disiplin)
· Peserta
didik membuat rangkuman yang dibimbing oleh pendidik.(NK: Rasa ingin tahu)
· Peserta
didik mengerjakan kuiz yang diberikan oleh pendidik. (NK: Rasa ingin tahu)
· Peserta
didik mendengarkan.
(NK: Rasa ingin tahu)
· Peserta
didik mengucapkan Hamdalah. (NK:
Religius)
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
IX.
Penilaian
Penilaian
kognitif dapat kita ketahui melalui jawaban atas soal / kuiz yang kita berikan
terhadap materi yang telah diberikan
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
Ø Menyusun
persamaan kuadrat yang akar – akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian
persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat
|
Tes tertulis
|
Uraian obyektif
|
Akar – akar persamaanx2 +
2x + 3 = 0 adalah x1 dan x2. Persamaan
kuadrat baru yang akar – akarnya x1 + 3 dan x2 +3 adalah…
|
Penilaian
afektif dapat kita ketahui berdasarkan pengamatan sikap dan prilaku siswa
selama pembelajaran berlangsung.
X.
Pedoman
Penilaian
Kriteria
penilaian kognitif
Nomor Soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
|
|
|
Nilai (N) x 100
Kriteria
penilaian afektif
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan:
|
Memuaskan
|
4
|
Ku
= Kesungguhan dlm pmbelajrn MTK
|
Baik
|
3
|
Ks
= Kerjasama dlm kerja klmpk
|
Cukup
|
2
|
Km = Kemandirian dlm membuas tgs ind
|
Kurang
|
1
|
Tw
= Tepat waktu mengumpulkan tgs
|
SMA Bukittinggi,
Januari 2013
Guru Mata Pelajaran
Lusi
Ostari
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
Identitas
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas
/ semester : X / I
Jumlah
pertemuan : 2 X 45 menit (1
pertemuan)
Standar
Kompetensi : Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan
kuadrat
Kompetensi
Dasar : Melakukan manipulasi
aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat
Indikator : Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah dan hasil kali
akar- akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat
dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui,
penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik dapat
mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan,
rumus jumlah dan hasil kali akar- akar persamaan kuadrat, hubungan antara
koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang
akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat.
II.
Materi
Ajar
III.
Metode
Pembelajaran
IV.
Sumber
Pembelajaran
V.
Langkah
– langkah pembelajaran
Ulangan
Harian
Waktu
: 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
·
Pendidik mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik. (NK: Religius)
·
Pendidik memperhatikan kehadiran peserta
didik(NK: Peduli sosial)
·
Pendidik mengatur tempat duduk siswa
berdasarkan urutan nama siswa.(NK:
Disiplin)
·
Pendidik meminta peserta didik untuk
mempersiapkan diri dan berdo’a.(NK: Religius)
·
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Pendidik meminta peserta didik untuk
menyiapkan kertas ulangan dan alat tulis
Elaborasi
·
Pendidik membagikan soal sebagai bahan
ulangan kepada masing – masing peserta didik.
·
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk menyelesaikan soal – soal yang telah diberikan dengan baik sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan .
Konfirmasi
·
Pendidik mengawasi
proses pelaksanaan ulangan dengan tertib.
Penutup
·
Pendidik menyuruh peserta didik untuk
mengumpulkan kertas jawaban ulangan di atas meja pendidik.
·
Pendidik menutup pelajaran dengan Hamdalah
|
· Peserta
didik menjawab salam dan menyapa pendidik kembali. (NK: Religius)
· Peserta
didik duduk dengan tenang.(NK:
Menghargai)
· Peserta
didik duduk di tempat yang sudah di atur oleh pendidik.(NK: Religius,dan disiplin)
· Peserta
didik mempersiapkan diri dan mulai berdo’a.
.(NK:
Religius)
· Peserta
didik menyiapkan kertas ulangan dan alat tulis yang diminta oleh pendidik.
· Peserta
didik menerima soal ulangan yang diberikan oleh pendidik.
· Peserta
didik menyelesaikan soal-soal yang telah diberikan oleh pendidik dengan baik
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pendidik.
· Peserta
didik melaksanakan ulangan dengan tertib.
· Peserta
didik mengumpulkan kertas jawaban ulangan di atas meja pendidik.
· Peserta
didik mengucapkan hamdalah
|
5 menit
80 menit
5 menit
|
VI.
Penilaian
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
Ø Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah
dan hasil kali akar- akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien
persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang
akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat.
|
Ulangan harian
|
Pilihan ganda
|
Ø Persamaan
kuadrat yang akar – akarnya 5 dan 6 adalah …
a.
X2 + x + 30 = 0
b.
X2 - x - 30 = 0
c.
X2 + x - 30 = 0
d.
X2 -30x + 1 = 0
e.
X2 +30x - 1 = 0
Ø Fungsi kuadrat
dengan persamaan y = px2 + 4x + 4 akan merupaka definit positif,
jika nilai p adalah …
|
VII.
Pedoman
Penilaian
Nomor Soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
|
|
|
Nilai (N) x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
Identitas
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas
/ semester : X / I
Jumlah
pertemuan : 2 X 45 menit (1
pertemuan)
Standar
Kompetensi : Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan
kuadrat
Kompetensi
Dasar : Melakukan manipulasi
aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat
Indikator : Menentukan persamaan
kurva dari suatu fungsi kuadrat.
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik dapat
menentukan persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.
II.
Materi
Ajar
Penentuan
persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri – ciri tertentu
Sebelumnya kita telah
membahas cara – cara membuat sketsa grafik fungsi kuadrat apabila persamaan
atau rumus fungsi kuadrat tersebut sudah diketahui. Sebaliknya apabila sketsa
grafik suatu fungsi kuadrat diketahui, maka kita dapat menentukan rumus fungsi
kuadrat tersebut. Proses demikian di sebut membentuk atau menyusun fungsi
kuadrat.
Keterangan
– keterangan yang diketahui pada sketsa grafik fungsi kuadrat seringkali
mempunyai ciri – ciri tertentu. Ciri – ciri itu diantaranya adalah sebagai
berikut:
a. Grafik
fungsi kuadrat memotong sumbu X di A(x1,0) dan B(x2,0),
serta melalui sebuah titik tertentu.
Persamaan fungsi kuadratnya dapat
dinyatakan sebagai:
y = f(x) = (x – x1)(x –
x2)
dengan nilai ditentukan kemudian.
b. Grafik
fungsi kuadrat menyinggung sumbu X di A(x1,0) dan melalui sebuah
titik tertentu.
Persamaan fungsi kuadratnya dapat
dinyatakan sebagai:
y = f(x) = (x – x1)2
dengan nilai ditentukan kemudian
c. Grafik
fungsi kuadrat melalui titik puncak atau titik balik P (xp,yp),
dan melalui sebuah titik tertentu.
Persamaan fungsi kuadratnya dapat
dinyatakan sebagai:
y = f(x) = (x – x1)2
+ yp
dengan nilai ditentukan kemudian
d. Grafik
fungsi kuadrat melalui titik-titik A(x1,y1), B(x2,y2),
dan C(x3,y3)
Persamaan fungsi kuadratnya dapat
dinyatakan sebagai:
y = f(x) = x2 + x + c
dengan nilai ,, dan c ditentukan
kemudian.
Sebuah fungsi kuadrat memotong sumbu X di A(1,0) dan
B(2,0). Jika fungsi kuadrat itu melalui titik (0,4), tentukanlah persamaan
fungsi kuadrat itu !
Jawab:
Persamaan fungsi
kuadratnya dapat dinyatakan sebagai y = (x –1)(x – 2). Nilai ditentukan dari keterangan bahwa fungsi
kuadrat itu melalui titik (0,4), artinya untuk x = 0 diperoleh y = 4.
4
= 0-1)(0-2)
4 = 2
= 2
Jadi,
persamaan fungsi kuadratnya adalah :
y = f (x)
= 2 (x-1)(x-2)
y = f (x)
= 2x2 – 6x + 4
III.
Metode
Pembelajaran
Ekspositori,
Tanya jawab, dan pemberian tugas, dengan model pembelajaran kooperatif
IV.
Sumber
Pembelajaran
Buku
matematika untuk SMA kelas X Penerbit Erlangga karangan Sartono Wirodikromo
V.
Langkah
– langkah pembelajaran
Pertemuan
ketiga
Waktu
: 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
·
Pendidik mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik.
·
Pendidik membuka pembelajaran dengan membaca
Basmalah dan membaca Al-Qur’an.
·
Pendidik mengabsen peserta didik.
·
Pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Pendidik memberikan appersepsi dan motivasi kepada peserta
didik.
·
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Pendidik membentuk peserta didik ke dalam
beberapa kelompok, dimana kelompok terdiri 4 – 5 orang yang sudah
direncanakan.(NK: demokratis)
Elaborasi
· Pendidik
membagikan LKS sebagai bahan diskusi kepada masing – masing kelompok.
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan materi dan
soal soal yang ada di LKS.
· Pendidik
membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan.
· Pendidik
memberikan penjelasan kepada kelompok setelah mengerjakan LKS maka peserta
didik akan mempresentasikan kerja kerja kelompok mereka di depan kelas.
Konfirmasi
·
Pendidik memantau dan membimbing
jalannya diskusi.
·
Pendidik memberikan umpan balik /
mengkonfirmasi jawaban peserta didik.
·
Pendidik memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi.
Penutup
·
Pendidik menyimpulkan pelajaran yang telah
dipelajari.
·
Pendidik memberikan kuiz.
·
Pendidik memberikan penghargaan kepada
kelompok yang terbaik.
·
Pendidik menutup pelajaran dengan Hamdalah
|
· Peserta
didik menjawab salam dan menyapa pendidik kembali.
· Peserta
didik membaca basmalah dan membaca Al-Qur’an.
· Peserta
didik mendengarkan absen yang dibacakan oleh pendidik.
· Peserta
didik mendengarkan tujuan pembelajaran.
· Peserta
didik merespon terhadap appersepsi dan motivasi yang diberikan oleh peserta
didik.
· Peserta
didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.
· Peserta
didik menerima LKS yang dibagikan oleh pendidik sebagai bahan diskusi.
· Peserta
didik mendiskusikan materi dan soal – soal yang ada di LKS.
· Peserta
didik yang mengalami kesulitan menerima bimbingan pendidik.
· Peserta
didik mendengarkan penjelasan pendidik
dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok.
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
· Peserta
didik mempresentasikan jawaban yang telah didiskusikan dengan kelompok.
· Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi.
· Peserta
didik mendengarkan kesimpulan yang diberikan oleh pendidik.
· Peserta
didik mengerjakan kuiz yang diberikan oleh pendidik.
· Peserta
didik mendengarkan.
· Peserta
didik mengucapkan hamdalah.
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
VI.
Penilaian
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
Ø Menentukan
persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat
|
Tes tertulis
|
Uraian singkat
|
Ø Persamaan
grafik pada gambar adalah…
|
VII.
Pedoman
Penilaian
Kriteria
penilaian kognitif
Nomor Soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
|
|
|
Nilai (N) x 100
Kriteria
penilaian afektif
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan:
|
Memuaskan
|
4
|
Ku
= Kesungguhan dlm pmbelajrn MTK
|
Baik
|
3
|
Ks
= Kerjasama dlm kerja klmpk
|
Cukup
|
2
|
Km = Kemandirian dlm membuas tgs ind
|
Kurang
|
1
|
Tw
= Tepat waktu mengumpulkan tgs
|
SMA Bukittinggi,
Januari 2013
Guru Mata Pelajaran
Lusi
Ostari
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
Identitas
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas
/ semester : X / I
Jumlah
pertemuan : 2 X 45 menit (1
pertemuan)
Standar
Kompetensi : Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan
kuadrat
Kompetensi
Dasar : Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan / atau fungsi kuadrat.
Indikator : Mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran
masalah tersebut sebagai variabel,
membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil
penyelesaian masalah tersebut.
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran
masalah tersebut sebagai variabel,
membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil
penyelesaian masalah tersebut.
II.
Materi
Ajar
Penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
a) Merancang
model matematika yang berbentuk persamaan
kuadrat
Agar memahami dan terampil
dalam memecahkan masalah yang model matematikanya berkaitan dengan persamaan
kuadrat, perhatikanlah contoh di bawah ini:
Contoh:
Selisih tiga kali kuadrat suatu bilangan
dengan tiga belas kali bilangan itu sama dengan negatif 4. Tentukanlah bilangan
itu.
Jawab :
Langkah pertama yang
diperlukan adalah kita harus mampu menjelaskan bahwa karakteristik masalah
dalam soal mempunyai model matematika berbentuk persamaan kuadrat. Setelah kita
mampu menjelaskan bahwa karakteristik masalahnya berkaitan dengan model
matematika yang berbentuk persamaan kuadrat, langkah selanjutnya adalah
1. Dimisalkan
bilangan itu adalah x
2. Berdasarkan
ketentuan pada soal diperoleh hubungan:
3x2 – 13x = -4
3. Dari
hubungan 3x2 – 13x = -4, diperoleh
3x2 – 13x +
4 = 0
(3x - 1)(x - 4) = 0
x = 1/3 atau x = 4
4. Jadi,
bilangan – bilangan itu adalah atau 4
b) Merancang
model matematika yang berbentuk fungsi kuadrat
Dalam beberapa
perhitungan matematika dan kehidupan sehari – hari, seringkali diperoleh model
matematika yang berkaitan dengan fungsi kuadrat. Nilai ekstrim (maksimum atau
minimum) mempunyai peran penting dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi kuadrat. Dalam kehidupan sehari – hari, nilai maksimum atau minimum
diungkapkan dengan menggunakan kata yang berbeda-beda misalnya:
·
Kata – kata terjauh, terbesar,… atau
yang searti dengan kata itu, dapat dihubungkan dengan konsep nilai maksimum
fungsi kuadrat.
·
Kata – kata terdekat, terkecil,… atau
yang searti dengan kata itu, dapat dihubungkan dengan konsep nilai minimum
fungsi kuadrat.
Jika
dalam sebuah masalah memuat kata – kata seperti di atas, maka hal ini merupakan
indikator bahwa masalah tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan model
matematika yang berbentuk fungsi kuadrat, selanjutnya langkah – langkah
pemecahan masalah tersebut adalah sebagai berikut:
Ø Nyatakan
besaran yang ada dalam masalah sebagai variabel (dilambangkan dengan
huruf)untuk mendapatkan hubungan matematikanya.
Ø Rumuskan
fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari masalah.
Ø Tentukan
penyelesaian dari model matematika fungsi kuadrat yang diperoleh pada langkah
2.
Ø Tafsirkan
hasil – hasil yang diperoleh pada langkah 3 terhadap masalah semula.
Contoh:
Jumlah
panjang sisi tegak dari suatu segitiga siku-siku sama dengan 16 cm. Hitunglah luas terbesar dari segitiga itu!
Jawab:
Terbesar
merupakan indikator bahwa masalah ini berkaitan dengan model matematika yang
berbentuk fungsi kuadrat, langkah selanjutnya yaitu:
Ø Misalkan
panjang sisi sisi tegak itu adalah x cm dan y cm, sehingga diperoleh hubu ngan
x + y = 16 atau y = 16 - x
Ø Jika
luas segitiga itu dilambangkan dengan L, maka L dapat dinyatakan dalam bentuk
L(x) = 1/2(x.y)
L(x) = 1/2 x.(16-x)
L(x) = 1/2 x2 + 8x, model
matematika yang diperoleh adalah fungsi kuadrat
Ø Fungsi
kuadrat L(x) = -1/2 x2 + 8x mempunyai koefisien – koefisien = -1/2, = 8, dan c = 0, sehingga L(x)mencapai nilai
maksimum. Nilai maksimum itu adalah:
L = == 32
Ø Jadi
luas terbesar segitiga itu adalah L = 32 cm²
III.
Metode
Pembelajaran
Model
Cooperatif Learning tipe STAD
IV.
Sumber
Pembelajaran
Buku
matematika SMA kelas x semester 1 Penerbit Erlangga
V.
Langkah
– langkah pembelajaran
Pertemuan ke – 4
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
·
Pendidik mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik.
·
Pendidik membuka pembelajaran dengan membaca
Basmalah dan membaca Al-Qur’an.
·
Pendidik mengabsen peserta didik.
·
Pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Pendidik memberikan appersepsi dan motivasi kepada peserta
didik.
·
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus berupa pemberian
materi Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam
penyelesaian masalah.
·
Pendidik membentuk peserta didik ke dalam
beberapa kelompok, dimana kelompok terdiri 4 – 5 orang yang sudah
direncanakan.(NK: demokratis)
Elaborasi
·
Pendidik membagikan LKS sebagai bahan diskusi
kepada masing – masing kelompok.
·
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mendiskusikan materi dan soal soal yang ada di LKS.
·
Pendidik membimbing peserta didik yang
mengalami kesulitan.
·
Pendidik memberikan penjelasan kepada
kelompok setelah mengerjakan LKS maka peserta didik akan mempresentasikan
kerja kerja kelompok mereka di depan kelas.
Konfirmasi
·
Pendidik memantau dan membimbing
jalannya diskusi.
·
Pendidik memberikan umpan balik /
mengkonfirmasi jawaban peserta didik.
·
Pendidik memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi.
Penutup
·
Pendidik menyimpulkan pelajaran yang telah
diberikan.
·
Pendidik memberikan kuiz untuk mengetahui
pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan..
·
Pendidik memberikan penghargaan kepada
kelompok yang terbaik.
·
Pendidik menutup pelajaran dengan Hamdalah
|
· Peserta
didik menjawab salam dan menyapa
pendidik kembali.
· Peserta
didik membaca basmalah dan membaca Al-Qur’an.
· Peserta
didik mendengarkan absen yang dibacakan oleh pendidik.
· Peserta
didik mendengarkan tujuan pembelajaran.
· Peserta
didik merespon terhadap appersepsi dan motivasi yang diberikan oleh peserta
didik.
· Peserta
didik mendengarkan stimulus yang diberikan oleh pendidik mengenai Penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
· Peserta
didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.
· Peserta
didik menerima LKS yang dibagikan oleh pendidik sebagai bahan diskusi.
· Peserta
didik mendiskusikan materi dan soal – soal yang ada di LKS.
· Peserta
didik yang mengalami kesulitan menerima bimbingan pendidik.
· Peserta
didik mendengarkan penjelasan pendidik
dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok.
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
· Peserta
didik mempresentasikan jawaban yang telah didiskusikan dengan kelompok.
· Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi.
· Peserta
didik mendengarkan kesimpulan yang diberikan oleh pendidik.
· Peserta
didik mengerjakan kuiz yang diberikan oleh pendidik.
· Peserta
didik mendengarkan.
· Peserta
didik mengucapkan hamdalah.
|
15 menit
60 menit
15 menit
|
VI.
Penilaian
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
Ø Mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan
besaran masalah tersebut sebagai
variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan
menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut
|
Tes tertulis
|
Uraian singkat
|
Ø Persamaan
parabola yang grafiknya melalui titik(0,2),(2,4), dan(3,8) adalah…
|
VII.
Pedoman
Penilaian
Nomor Soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
|
|
|
Nilai (N) x 100
Kriteria
penilaian afektif
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan:
|
Memuaskan
|
4
|
Ku
= Kesungguhan dlm pmbelajrn MTK
|
Baik
|
3
|
Ks
= Kerjasama dlm kerja klmpk
|
Cukup
|
2
|
Km = Kemandirian dlm membuas tgs ind
|
Kurang
|
1
|
Tw
= Tepat waktu mengumpulkan tgs
|
SMA Bukittinggi,
Januari 2013
Guru Mata Pelajaran
Lusi
Ostari
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
Identitas
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas
/ semester : X / I
Jumlah
pertemuan : 2 X 45 menit (1
pertemuan)
Standar
Kompetensi : Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan
kuadrat
Kompetensi
Dasar : Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan / atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya.
Indikator : Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva dari suatu
fungsi kuadrat dengan ciri – ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi
kuadrat dalam penyelesaian masalah.
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik dapat
mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan
persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat dengan ciri – ciri tertentu dan
penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
II.
Materi
Ajar
III.
Metode
Pembelajaran
IV.
Sumber
Pembelajaran
V.
Langkah
– langkah pembelajaran
Ulangan Harian
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
·
Pendidik mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik.
·
Pendidik memperhatikan kehadiran peserta
didik
·
Pendidik mengatur tempat duduk siswa
berdasarkan urutan nama siswa
·
Pendidik meminta peserta didik untuk
mempersiapkan diri dan berdo’a
·
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Pendidik meminta peserta didik untuk
menyiapkan kertas ulangan dan alat tulis
Elaborasi
·
Pendidik membagikan soal sebagai bahan
ulangan kepada masing – masing peserta didik.
·
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk menyelesaikan soal – soal yang telah diberikan dengan baik sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan .
Konfirmasi
·
Pendidik mengawasi
proses pelaksanaan ulangan dengan tertib.
Penutup
·
Pendidik menyuruh peserta didik untuk
mengumpulkan kertas jawaban ulangan di atas meja pendidik.
·
Pendidik menutup pelajaran dengan Hamdalah
|
· Peserta
didik menjawab salam dan menyapa pendidik kembali.
· Peserta
didik duduk dengan tenang
· Peserta
didik duduk di tempat yang sudah di atur oleh pendidik.
· Peserta
didik mempersiapkan diri dan mulai berdo’a.
· Peserta
didik menyiapkan kertas ulangan dan alat tulis yang diminta oleh pendidik.
· Peserta
didik menerima soal ulangan yang diberikan oleh pendidik.
· Peserta
didik menyelesaikan soal-soal yang telah diberikan oleh pendidik dengan baik
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pendidik.
· Peserta
didik melaksanakan ulangan dengan tertib.
· Peserta
didik mengumpulkan kertas jawaban ulangan di atas meja pendidik.
· Peserta
didik mengucapkan hamdalah
|
5 menit
80 menit
5 menit
|
VI.
Penilaian
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
Ø Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva
dari suatu fungsi kuadrat dengan ciri – ciri tertentu dan penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
|
Ulangan harian
|
Pilihan ganda
Uraian singkat
|
Ø Suatu kawat
yang panjangnya 38 cm dibengkokkan membentuk persegi panjang yang luasnya 84
cm2. Panjang persegi panjang yang terbentuk adalah …
a.
22 cm
b.
21 cm
c.
12 cm
d.
7 cm
e.
5 cm
Ø Tentukan sumbu
simetri, titik puncak, sifat definit positif atau negative dari fungsi
kuadrat berikut ini.
a.
f(x)= x2 + 2x -3
b.
f(x) = x2 + x + 2
c.
f(x) = -2x2 + x - 2
|
VII.
Pedoman
Penilaian
Nomor Soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
|
|
|
Nilai (N) x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar