6.
Pertemuan keenam
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- Pendidik Mengingat
kembali mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat
positif, pangkat bulat negatif, dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional,
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan
materi mengenai sifat-sifat bilangan
berpangkat (pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan
rasional, bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada
bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat
rasional (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang pelaksanaan
ujian (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
pengertian logaritma dan sifat-sifat logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri
pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta Peserta didik memimpin
do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
45 menit
5 menit
10 menit
|
7.
Pertemuan ketujuh
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat
memahami pengertian dan sifat-sifat dari logaritma (operasi aljabar
logaritma), dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan
sebaliknya, serta melaku-kan operasi aljabar pada bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan
memahamimya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis
besar oleh guru mengenai cara mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta melakukan operasi
aljabar pada bentuk logaritma (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk, hal. 36-38 mengenai pengertian logaritma, dan hal. 38-43 mengenai
sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja
Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok tentang definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma beserta pembuktiannya, cara mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta cara menentukan
hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus
bentuk logaritma..
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah
masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk
melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti
tentang topik yang sedang dibahas
1. Definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma.
2. Pengubahan
bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
3. Penentuan hasil
operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus
bentuk logaritma.
(nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma),
pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta
penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan
rumus-rumus bentuk logaritma (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan hamdalah
(nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
8.
Pertemuan kedelapan
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingatkan kembali mengenai sifat - sifat
logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Membahas PR.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta
didik Apabila materi
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan
memahamimya (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis
besar oleh guru mengenai cara menentukan logaritma dan antilogaritma
dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk
perhitungan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 44-47 mengenai
penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma, hal. 47 mengenai
penentuan logaritma suatu bilangan dengan kalkulator, hal. 48-50 mengenai
penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel antilogaritma, hal. 50
mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan kalkulator, serta hal.
51-52 mengenai penggunaan logaritma untuk perhitungan). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok tentang cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan
tabel atau kalkulator, serta cara menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan
membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan
siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok
mengerti tentang topik yang sedang dibahas yaitu penentuan
logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma, tabel
antilogaritma, serta kalkulator, (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma
atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diingatkan untuk mempelajari pengertian logaritma,
sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel
atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk perhitungan, untuk
menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma
atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan, (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
|
Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan hamdalah
(nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
9.
Pertemuan kesembilan
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
-Mengingat kembali mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma,
penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta
penggunaan logaritma untuk perhitungan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik
memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan
materi mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan
logaritma untuk perhitungan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang Pelaksanaan ujian (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri
pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
-Peserta Peserta didik memimpin
do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan .
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
45 menit
5 menit
10 menit
|
I.
Penilaian
Teknik :
tugas individu, tugas kelompok, kuis,
ulangan harian.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat, pilihan ganda.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
Contoh
Instrumen :
1. Sederhanakanlah.
a.
b.
2. Nyatakan
bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a.
b.
3. Nyatakan
bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
a.
0,0000002578 b. 820.000.000.000.000
4. Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah
yang merupakan bilangan bentuk akar?
a.
d.
b.
e.
c.
f.
5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut
dalam bentuk akar yang sederhana.
a.
b.
6. Rasionalkan
penyebut tiap pecahan berikut.
a.
d.
b.
e.
c.
7. Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam
bentuk pangkat.
a.
d.
b.
e.
c.
8. Sederhanakanlah bentuk
9. Tentukan nilai x dari persamaan
10.
a.
d.
b.
e.
c.
11. Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a.
d.
b.
e.
c.
12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a.
c.
b.
13.
Sederhanakanlah
14. Tentukan nilai dari logaritma berikut.
a. log 45,458 d. log 0,098
b. log
144,3 e.
log 0,001
c. log
0,05
15. Nilai
adalah…….
a.
5 d.
1,5
b.
2,5 e. 0,6
c.
2
16. Jika
, maka
=…
a.
d.
b.
e.
c.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Kooperatif
tipe STAD
Nama Sekola : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / semester : X / I
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit 6
jam Pelajaran 3 Pertemuan
A. Standar Kompetensi
I.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
B. Kompetensi
Dasar
1.2.Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang
melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.
C. Indikator
1.
Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
2.
Membuktikan
sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
3.
Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan
berpangkat rasional dan berpangkat bulat
positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat
dari logaritma.
D. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik
dapat menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
b. Peserta didik
dapat membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
E. Materi
Ajar
a. Sifat bilangan dengan pangkat rasional.
b. Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
c. Sifat-sifat
logaritma.
d. Sifat-sifat
bilangan berpangkat bulat positif.
F. Metode pembelajaran
Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division)
G. Sumber
Pembelajaran
Sumber
:
- Buku paket,
yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-52).
- Buku referensi
lain.
Alat : Laptop ,LCD , OHP
H.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
- Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingat kembali
cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, sifat bilangan dengan
pangkat rasional, dan sifat-sifat logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik
memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi
kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan
pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan
kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan
agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Pendidik memberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru
mengenai cara menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk
pangkat, akar, dan logaritma, (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk, hal. 5-9 mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat,
hal. 17-28 mengenai bentuk akar, dan hal 38-43 mengenai sifat-sifat
logaritma). (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik membentuk Peserta
Didik kedalam beberapa kelompok dimana
kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (nilai yang
ditanamkan: Demokrasi);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar
kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. hal.
17-21, 24, 25 mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bilangan
bentuk akar, dan hal. 40 mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat
bentuk logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan
kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam
LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan
anggota yang lainnya dalam
Kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Setelah
masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk
melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti
tentang topik yang sedang dibahas cara
menyeder-hanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal
dari LKS (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik
dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan berpangkat bulat
positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
penye-derhanaan bentuk aljabar yang memuat bilangan berpangkat, bentuk akar,
dan logaritma (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- peserta
didik mengingat kembali tentang cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, sifat bilangan dengan
pangkat rasional, dan sifat-sifat logaritma. . (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
-peserta didik mendengarkan
penjelasan Pendidik. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik membentuk
kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS
yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin)
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Tanggung
jawab, disiplin)
-Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
2.
Pertemuan Kedua
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa Peduli);
- Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
-Mengingat kembali bentuk pangkat, akar, dan logaritma (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan
termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar),
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester
Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 4-6 mengenai
sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, hal. 38-43
mengenai sifat-sifat logaritma). (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah
masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk
melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti
tentang topik yang sedang dibahas yaitu cara membukti-kan sifat-sifat sederhana tentang bentuk
pangkat, akar, dan logaritma dan dapat membuktikan
sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik
dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai cara
membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengingatkan untuk
mempelajari kembali sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat, bentuk akar,
dan sifat-sifat logaritma untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan
berikutnya.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran
pada pertemuan ini dengan mengucapkan
hamdalah (nilai
yang ditanamkan: Religius)
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
-Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mendengarkan
(nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
- peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
3. Pertemuan ketiga
Waktu
: 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
-Mengingat kembali mengenai sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat,
bentuk akar, dan sifat-sifat logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan
materi mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat,
akar, dan logaritma, serta pembuktian sifat-sifat sederhana tentang bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang pelaksanaan (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri
pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
-Peserta Peserta didik memimpin
do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan .
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
45 menit
5 menit
10 menit
|
I. Penilaian
Teknik
: tugas individu, tugas kelompok, ulangan
harian.
Bentuk
Instrumen : uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.
Contoh Instrumen:
1. Bentuk sederhana dari
adalah ........
2. Buktikan bahwa
3. Jika
dengan
dan y = 16,
maka nilai F =.....
a. 16
d.
b.
8 e.
c.
2
4.
Dengan cara merasionalkan bagian penyebut
ekuivalen dengan . ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar